Senin, 29 November 2010

Sejarah Oven Microwave

Dalam tahun 1945 Percy Lebaron Spencer, seorang insinyur dan pencipta Amerika, sibuk bekerja di pabrik magnetron, alat yang digunakan untuk menghasilkan sinyal radio gelombang mikro yang merupakan bentuk awal dari radar.  Radar adalah sebuah inovasi luar biasa penting di masa perang, tetapi penggunaan gelombang mikro untuk memasak makanan adalah ketidaksengajaan.

Ketika sedang berdiri di dekat sebuah magnetron yang sedang hidup, Spencer mendapati bahwa batang coklat di sakunya meleleh. Pikirannya yang tajam segera mengerti bahwa itu adalah akibat gelombang mikro.  Kemudian dia mencobanya terhadap biji jagung brondong, lalu pada sebutir telur hingga meledak.

Pada tahun 1945, Spencer menciptakan alat untuk memasak makanan dengan menggunakan radiasi gelombang mikro. Raytheon melihat kemungkinan ini, dan setelah memperoleh Amana Refrigeration pada 1965, mampu menjual microwave oven dalam skala besar. Oven microwave pertama disebut Radarange, sampai saat ini, ada lebih dari 200 juta yang digunakan di seluruh dunia.
Sekitar 1946 bahwa Dr Percy Spencer, seorang insinyur otodidak dengan Raytheon Corporation, melihat sesuatu yang sangat luar biasa. Dia sedang menguji tabung hampa baru yang disebut magnetron, ketika ia menemukan bahwa permen di sakunya telah meleleh, jadi ia mencoba eksperimen lain. Kali ini adalah popcorn kernel diletakkan di dekat tabung, Dr Percy Spencer mungkin berdiri agak lebih jauh lagi, ia mengawasi dengan inventif kilau di matanya sebagaian popcorn retak dan memasukkannya di seluruh laboratorium-nya.
Keesokan paginya, Ilmuwan Spencer meletakkan tabung magnetron dekat telur. Spencer melihat telur mulai gemetar dan gempa. Kemudian telur meledak dan memercik kuk panas Kenaikan suhu yang cepat dalam telur menyebabkan tekanan internal yang luar biasa. Spencer menyimpulkan: permen yang meleleh, popcorn retak, dan sekarang telur meledak, semuanya disebabkan kepadatan energi gelombang mikro rendah.
Dr Spencer menjelaskan bagaimana kotak logam itu bekerja. Energi memasuki kotak itu dan tidak dapat melarikan diri, sehingga menciptakan sebuah medan elektromagnetik kepadatan lebih tinggi. Ketika makanan ditempatkan di dalam kotak dan di makan energi gelombang mikro, suhu makanan naik sangat cepat. Dr Spencer telah menemukan apa yang akan merevolusi memasak, dan membentuk dasar dari sebuah industri bernilai jutaan dolar. Tidak mengherankan, banyak yang sangat enggan tentang unit pertama ini, dan sehingga mereka hanya menemukan penerimaan terbatas. Penjualan awal mengecewakan tapi tidak lama. Perbaikan dan penyempurnaan lebih lanjut dapat diandalkan.
Raytheon Corporation yang memproduksi oven microwave komersial pertama di 1954; itu disebut 1161 Radarange. Ukurannya besar, mahal, dan memiliki kekuatan 1600 watt. Domestik pertama microwave oven diproduksi tahun 1967 oleh Amana (sebuah divisi dari Raytheon).
Pada tahun 1967, Amana (sebuah divisi dari Raytheon) memperkenalkan microwave oven, awal penggunaan microwave oven di dapur rumah. Meskipun penjualan lambat selama beberapa tahun pertama, dikarena harga oven yang relatif mahal. Konsep microwave cepat memasak telah tiba. Dalam tahun-tahun berikutnya, Litton dan sejumlah perusahaan lain bergabung dengan meja pasar oven microwave. Pada akhir 1971, harga unit meja mulai menurun dan kemampuan mereka diperluas.
Microwave oven telah mencapai tingkat penerimaan baru, terutama yang berkaitan dengan aplikasi industri tertentu. Sebagai industri makanan mulai mengenali potensi dan fleksibilitas dari microwave oven. Industri mulai menggunakan gelombang mikro pada kering keripik kentang dan biji kopi panggang dan kacang. Bahkan shucking kerang dibuat lebih mudah oleh gelombang mikro. Industri lain menemukan berbagai aplikasi dari pemanasan microwave cukup menguntungkan. Pada waktunya, gelombang mikro sedang digunakan untuk mengeringkan gabus, keramik, kertas, kulit, tembakau, tekstil, pensil, bunga, buku-buku basah, dsb. Microwave oven telah menjadi kebutuhan di pasar komersial dan kemungkinan tampak tak ada habisnya.
Oven Microwave pertama beratnya sekitar 340 kg dengan ukuran sebesar sebuah kulkas.


0 komentar:

Posting Komentar