Senin, 29 November 2010

Prinsip Kerja Oven Microwave

Sesuai namanya, microwave oven adalah oven yang menggunakan bantuan
microwave (gelombang mikro) untuk memasak makanan. Gelombang mikro merupakan gelombang radio, tetapi panjang gelombangnya lebih kecil dari gelombang radio biasa. Panjang gelombangnya termasuk ultra-short (sangat pendek) sehingga disebut juga mikro.
Dari sinilah lahir istilah microwave.
Gelombang ini tidak dapat dilihat mata kita karena panjang gelombangnya(walaupun sangat kecil dibanding gelombang radio) jauh lebih besar dari panjang gelombang cahaya (di luar spektrum sinar tampak). Keduanya sama-sama terdapat dalam spektrum gelombang elektromagnetik (Gambar 1). Panjang gelombang cahaya berkisar antara 400-700 nm (1 nm = 10 -9 m) sedangkan kisaran panjang cahaya gelombang mikro sekitar 1-30 cm (1 cm = 10 -2 m).

Gambar 1 menunjukkan bahwa panjang gelombang berbanding terbalik dengan frekuensi (semakin kecil panjang gelombang, semakin besar frekuensinya).
Manfaat gelombang microwave
Selain didunia industri makanan dan pengeringan. Dapat pula digunakan dalam dunia kesehatan, microwave juga memegang peranan penting. Karakteristik yang dimanfaatkan adalah kemampuannya untuk menghasilkan energi panas. Hampir semua penggunaan microwave dalam dunia kesehatan berkaitan dengan pemanasan suatu jaringan tubuh. Prinsipnya mirip dengan microwave oven. Untuk menghancurkan tumor yang bersarang dalam tubuh, gelombang mikro diarahkan pada lokasi tumor (lokasinya bisa ditentukan menggunakan gelombang mikro juga, dengan prinsip yang sama seperti teknologi radar). Cairan tumor menyerap gelombang mikro sehingga terjadi eksitasi atom. Panas yang dihasilkannya bisa menghancurkan jaringan tumor tersebut secara tepat (tanpa melukai jaringan yang sehat). Proses ini tidak memerlukan pembedahan dan tidak sakit sama sekali.

Penggunaan yang lebih dahsyat lagi adalah dalam dunia astronomi. Semua benda yang memancarkan gelombang mikro bisa diamati dan dipelajari karakteristiknya. Semua yang memiliki temperatur di atas 0 K (-273 C atau 0 C mutlak) pasti memancarkan gelombang mikro. Semakin tinggi temperaturnya semakin kuat gelombangnya. Ini berarti kita bisa mempelajari semua yang ada di jagad raya, termasuk lapisan atmosfer, ozon, planet-planet, dan bintang. Kita juga bisa memantau perubahan cuaca bumi dengan bantuan gelombang mikro ini.


http://www.youtube.com/watch?v=FGdwEPEU61Ucv



0 komentar:

Posting Komentar